Latest News

Hanya Ras Terlemah yang Beli Smartphone Oppo dan Vivo !


Tau hp merk "oppo" kan ? Ini merek udah menjamur kemana-mana di indonesia, tiap konter hp udah hampir pasti ngejual oppo, tapi tau ga kalo oppo ini marketingnya kaya sampah di indonesia ?

Jadi singkat cerita, beberapa bulan lalu (4 februari 2017) gw dan temen2 gw (Ibnu Malik dan Christian Antonio) berkunjung ke itc roxy buat beli hp baru, gw langsung kabur ke lantai 2 karna udah denger kabar kalo barang2 di lantai 1 itu pasti lebih mahal.

Jujur, gw udah ngerasa ada yang ga bener karna hampir seisi roxy isinya oppo sama vivo, akhirnya gw nyamber ke toko yang lokasinya agak pojok terpencil gitu, kira2 kaya gini obrolannya.

Gw : "mas redmi pro 3/64 dong satu"

Mas : "ga beli hp oppo aja mas? Xiaomi kan gabisa 4G, bentar lagi juga bakalan ga dapet sinyal kalo imei nya diblacklist, belom ada xiaomi yang official masuk ke indonesia"

Gw : "gapapa kok, dari awal saya ga ada niat buat pake 4g dari hp, pengen pake modem eksternal kaya bolt ntar"

Mas : "oppo kameranya bagus loh mas, ramnya juga udah 3gb"
Gw : "gausah, saya maunya xiaomi redmi pro"

Akhirnya mas tersebut nyerah dan pura2 nelfon orang yang katanya "minta barangnya dianterin dulu", tapi setelah 5 menit nunggu akhirnya dibilangin kalo stoknya lagi kosong, dan akhirnya malah nawarin oppo lagi ke gw.

Siklus tersebut berulang sampe 3 kali dengan alasan "barangnya lagi kosong", sampe akhirnya gw ketemu sama konter yang pemiliknya engkoh2 berpengalaman, gw cuma ditanyain "yakin mau beli redmi pro ?" dan gw jawab iya dengan tegas, ga pake banyak ba bi bu, bawahan engkoh tersebut langsung ngambilin redmi pro ke gw dari "gudang yang stoknya lagi kosong", jadilah gw meminang redmi pro sebagai hp gw, bayarnya pake uang receh pula.

Time travel ke hari ini, gw ngeliat berita soal sales oppo sama vivo tawuran gara2 badut2an mereka kesenggol doang. Gw berinisiatif buat nyari beberapa info soal perusahaan tersebut, dan kalian tau ? mereka berasal dari perusahaan yang sama.

Ga cuma sampe sana, ternyata hasil searching dari google ngarahin gw ke market share oppo yang melejit sampe 187% dalam satu tahun, dan hasil pencarian lain bilang kalo keuntungan ngejual hp oppo itu bisa 3-4 kali lipat lebih banyak daripada hp terkenal macem samsung, ga heran gw yang mau beli xiaomi bener2 diarahin beli oppo sama mas2 konter hp di roxy.

Pencarian yang gw temuin juga nunjukkin kalo oppo yang ada di indonesia bener2 beda sama oppo untuk negara lain. Sebenernya hal ini udah lumrah karna tiap negara punya demand yang berbeda-beda, tapi khusus untuk indonesia bener2 difokusin ke fitur selfie karna trend kekinian sekarang emang nyampahin selfi ke instagram ato path.

Tapi kalo diperhatiin baik2, oppo versi indonesia ini ga punya data soal spesifikasi kamera yang mereka usung. Cuma jumlah megapixel dan bukaannya saja, ga ada keterangan soal sensor kamera walopun elu cari di deep web sekalipun. Ini sama aja kaya beli kucing di dalem karung dalam kualitas kamera pada sebuah hp.

Ga cuma sampe sana, ternyata varian oppo yang layarnya FHD baru seri F1 Plus nya doang, SoC nya juga dipukul rata pake MediaTek Helio P10. Helio P10 ini sesungguhnya menyasar segmen low-end yang biasa ditemuin di hp dengan harga dibawah 2jt, tapi dipake buat hp seharga 5jt, bingung kan?????????

"AH TAPI MAS SENDIRI BELOM PERNAH PUNYA HP OPPO KAN"
Worry not, cewe gw (Shella Gabriella) pake oppo F1s hadiah ultah dari ortunya. Dan kalian tau ? Kualitas fotonya kalah sama xiaomi gw yang harganya 2.6jt, padahal hp doi dibeli dengan harga 3.7jt.
Soal cepet2an ? Gausah banyak cincau la, doi buka messenger aja ngelag2, hpnya gabisa diroot pula, kalah sama bluestack yang jalan mulus di laptop gw yang harganya cuma 3jt.

*ehem* biar lebih meyakinkan *ehem* gw udah menyertakan link yang ga kalah panjang sama tulisan gw di status ini.

Kalo mau debat kusir soal hp silahkan, mau nanya budget berapa bagusnya beli apa silahkan, mau ampas2an soc antara snapdragon/mediatek/hisilicon/exynos/rockchip juga silahkan.
Dan kalian tau letak ironinya dimana ? Research and Development miliaran dollar selama puluhan tahun oleh perusahaan macem Sony atau LG bisa kalah oleh trick marketingnya oppo, hanya dalam kurun waktu dibawah 3 tahun.

"LAH TERUS KESIMPULANNYA APA MAS"

Semua ini ga salah oppo sebelah mata, ketidaktahuan konsumen dan kurangnya penyebaran informasi beserta minimnya kepedulian terhadap smartphone mereka lah yang menjadi celah untuk perusahaan semacam oppo (dan vivo) untuk mampu meraup untung dengan cara seperti ini.

Semoga status ini bisa memberi pencerahan bagi kalian yang kepikiran/ingin membeli hp baru.
Side note : produk2 oppo dalam sektor audio gw akuin bagus2, gatau kenapa malah ampas "cameraphone"nya.

Side note 2 : vivo itu cuma oppo versi kurang kanker, orang asal perusahaannya juga sama.

Side note 3 : tiap gambar ada keterangannya, silahkan dicek.

Side note 4 : "TAPI MANA BUKTINYA KALO CERITA MAS ITU ASLI"
cek gambar terakhir yo.

Side note 5 : feel free to mention me whenever you have some problem with your friend when you shared this status, bakal gw bantu jelasin kok.

Side note 6 : gw awalnya ngira oppo itu bener2 prestigious smartphone pas jaman2 keluar find 7. Fast charging dan beautifly awalnya gagasan dari oppo, tapi semenjak berubah nama jadi "cameraphone" hp2 mereka jadi ampas.

https://www.kimovil.com/en/compare-smartphones/name.Oppo
http://www.electronicspecifier.com/events-news/chinese-companies-made-a-big-impression-at-ces-2017
http://ensiklopedi-marketing-indonesia.blogspot.co.id/2016/06/rahasia-oppo-masuk-lima-besar-di.html?m=1
https://m.kaskus.co.id/thread/5710ed51dc06bd0a198b456e/penipuan-yang-di-lakukan-oppo/
http://www.patentlyapple.com/patently-apple/2016/12/apples-is-entering-indonesia-in-2017-one-of-the-top-emerging-markets-with-a-massive-growing-middle-class.html
https://www.digitalnewsasia.com/mobility/indonesia-smartphone-shipments-decline-q1-2016-idc
https://www.neowin.net/news/comscore-publishes-us-smartphone-market-share-statistics-for-january-2017



Konon, katanya untung bersih penjualan hp oppo itu minimal 1jt.

Bayangin kalo kamu bisa jual setidaknya 1 buah hp oppo tiap hari, udah bisa nyangingin borjuis kapitalis kelas menengah



Oppo sama vivo asalnya dari perusahaan yang sama kan ? Ga heran marketingnya sama2 sampah

Ironinya, Research and Development selama puluhan tahun bisa kalah sama marketing kotor kaya gini.


Pertumbuhan langsung sampe 187%

Di amrik mah boro2 ada yang mau beli oppo

Kapan lagi bisa beli HP pake uang receh ?

Sumber  : Adam Anggoro




SEKIAN DAN TERIMA AURA KASIH APA ADANYA



SEMOGA BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN SERTA PENGETAHUAN