Latest News

Artemis Sang Dewi Keperawanan dan Hewan Liar dari Yunani



Artemis adalah seorang dewi dari Yunani yang selalu digambarkan sebagai sosok wanita cantik. Artemis merupakan saudari kembar dari Apollo dan putri dari Zeus dan ibunya Titan Leto. Artemis merupakan dewi keperawanan dan hewan liar sebagaimana simbolis dari perburuan.


Ketika ia muda, Artemis memohon kepada ayahnya Zeus agar tetap menjadi perawan untuk selama-lamannya dan permohonannya dikabulkan oleh Zeus. Dia adalah dewi pemburu dan pengejar, serta pada saat yang sama, merupakan pelindung binatang. Artemis sering berburu bersama saudaranya Appolo di tengah hutan, ia membawa busur terbuat dari perak yang ditempah oleh Kiklops. Selain bersama saudaranya, Artemis juga sering berburu dengan ditemani oleh nimfa dan gadis-gadis yang memujanya.

Artemis dan Appolo
Para gadis yang mengikuti Artemis juga berusaha tetap perawan selamanya, sama seperti dewi yang mereka kagumi. Sayangnya, banyak dari antara mereka yang hilang keperawanan di tengah jalan akibat hawa nafsu para dewa, khususnya Zeus si animal yang sering memperkosa para pengikut Artemis, bahkan sampai hamil dan ditinggal pergi haha.


Selain dari pada itu, Artemis juga pernah tercatat membunuh enam putri Niobe, karena telah membual di depannya, putri Niobe mengklaim memiliki lebih banyak anak dari pada Titan Leto, ibu kandung Artemis. Tidak hanya itu, Artemis juga pernah menuntut Iphigenia (seorang dari pengikutnya) berkorban  untuk pembalan atas pembunuhan rusa suci oleh ayahnya.

Artemis dan rusa kesayangan
Hewan kesukaan Artemis adalah rusa, beruang, anjing, dan babi hutan. Artemis yang menjadi sosok dewi pelindung juga bisa menjadi dewi yang sangat pemarah. Ketika Aktaion, cucu dari Kadmos, secara tidak sengaja melihatnya sedang mandi basah, Artemis lansung mengubahnya menjadi seekor rusa montok dan Aktaion lansung di cabik-cabik oleh anjing-anjingya sendiri dan kemudian mati. Sehingga ibu tirinya, dewi Hera menyebut Artemis sebagai singa di antara wanita serta dewi melahirkan dan penghancuran wanita muda.




SEKIAN DAN TERIMA AURA KASIH APA ADANYA



SEMOGA BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN SERTA PENGETAHUAN