Latest News

Ngeri, Inilah 26 Penyakit Paling Mematikan di Dunia !


Semua orang pastinya pernah terserang penyakit, seperti kita ketahui jenis-jenis penyakitpun begitu banyak jenisnya, mulai dari penyakit menular, penyakit ringan, hingga penyakit yang paling mematikan yang pernah mewabah dan merenggut banyak jiwa.

Penyakit merupakan keadaan abnormal yang menyerang fisik dan jiwa seseorang. Siapa yang sedang diserang atau mendapatkan penyakit pasti merasa kondisi tubuhnya tidaklah nyaman seperti biasanya. Apalagi jika ada salah satu organ vital kita yang mengalami kerusakan justru akan menimbulkan rasa sakit yang hebat. Kerusakan-kerusakan pada organ vital tersebut akan berdampak pada organ-organ lainnya, karena sistem kekebalan tubuh kita menjadi menurun.

Kekebalan tubuh dan organ-organ vital manusia layaknya sebuah sistem, tubuh kita terdiri dari unit-unit berupa organ yang memilik fungsi yang saling berhubungan antara satu organ dengan organ yang lainnya. Hal itulah yang menyababkan datangnya suatu penyakit yang menyerang dan merusak salah satu organ akan berdampak besar dan turut berpotensi memicu kerusakan organ yang selainnya. Jika kerusakan ini semakin kompleks maka akan berdampak buruk pada tubuh hingga menyebabkan kematian.

Sehingga perlu bagi kita mengenal jenis penyakit-penyakit yang berpotensi paling mematikan yang mungkin selama ini tidak diketahui. Dengan demikian kita akan lebih mawas diri untuk menghidari atau mencegah penyakit tersebut agar tidak merusak tubuh kita. Inilah 26 penyakit paling mematikan di dunia:



26 PENYAKIT PALING MEMATIKAN DI DUNIA !



1. Penyakit Jantung Iskemik / Jantung Koroner


Salah satu penyakit paling mematikan di dunia mungkin bisa kita tujukan pada penyakit jantung koroner, sudah tidak terhitung lagi penderitanya yang meninggal mendadak karena penyakit ini. Di dalam dunia medis penyakit ini dikenal juga dengan nama sebagai penyakit areteri coroner. Hasil laporan dari situs discovery menyebutkan bahwa 1 dari 100 orang di seluruh dunia berpotensi terkena penyakit mematikan ini, terlebih bagi pria yang sudah memasuki usia dewasa.

Adapun beberapa penyebabnya antara lain :


  • Jarang berolahraga
  • Kolesterol tinggi
  • Darah tinggi
  • Makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan berminyak

Penyakit Jantung Iskemik / Jantung Koroner membuat tersumbatnya aliran darah dan oksigen menuju jantung. Jika hal tersebut berlansung dalam kurun waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan infrak miokart pada jantung. Pada dasarnya jantung memiliki fungsi sentral dalam mengalirkan darah yang membawa oksigen yang dibutuhkan organ lain terlebih otak kita. Sehingga jika fungsi jantung rusak maka akan berpengaruh terhadap fungsi organ vital lainnya yang dapat membuat kerusakan pada tubuh manusia dan berpotensi besar mendatangkan kematian pada pederitanya.

Meskipun penyakit Jantung Iskemik / Jantung Koroner sangat mematikan bukan berarti kita tidak dapat mencegahnya, berikut beberapa pencegahan terhadap penyakit ini :

  • Konsumsi sayuran dan buahan secara rutin
  • Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi
  • Rajin berolahraga
  • Kurangi makanan daging berlemak



3. HIV/AIDS

HIV/AIDS adalah singkatan dari Human immunodeficiency virus. Penyakit yang satu ini akan melemahkan sistem kekebalan tubuh si penderita. Bahkan bisa membuat kemampuan immun si penderita  menurun sangat drastis hingga ke titik yang paling rendah.

Penyakit ini tidak memandang usia, siapa saja bisa terinfeksi penyakit ini. HIV/AIDS disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  • Hubungan seks bebas
  • Jarum suntik
  • Konsumsi narkoba

Karena HIV/AIDS merusak kekebalan tubuh dan menurunkan immune hinga titik terendah maka akan membuat si penderita akan sangat gampang mengidap penyakit lainnya, bahkan penyakit yang ringan sekalipun seperti flu dapat menjadi penyakit yang berbahaya bagi penderitanya dan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit HIV/AIDS juga dapat di cegah lebih dini, seperti berikut :

  • Gunakan alat kontrasepsi
  • Jangan berganti-ganti pasangan
  • Gunakan selalu jarum suntik baru.


3. Penyakit Serebrovaskular (Stroke)


Penyakit Stroke adalah sebuah penyakit pembunuh yang juga tidak bisa dianggap remeh dan dipandang sebelah mata, karena semakin lama penyakit ini memiliki penderita yang terus meningkat seiring dengan waktu meskipun alat-alat medis sekarang ini semakin modern.

Ada beberapa faktor sebagai penyebab Stroke, antara lain :

  • Kurang berolahraga
  • Makanan berlemak tinggi
  • Darah tinggi
  • Kolesterol
  • Proses Mematikan Penderitanya

Penyakit ini disebabkan karena ganguan fungsi otak karena mengalami kerusakan yang di sebabkan karena aliran darah menuju otak tidak lancar atau bahkan tersumbat. Jika asupan oksigen dan darah tidak didapatkan otak sebagai mana mestinya maka akan membuat sel-sel otak mati.

Beberapa hal yang dapat mencegah penyakit Stroke :

  • Rajin berolahraga
  • Asup makanan kaya serat seperti buah dan sayur
  • Kurangi makanan berlemak
  • Cek secara rutin kolesterol anda.



4. Komplikasi Perinatal


Penyakit Kompliaski Perinatal ini hanya dialami oleh kaum ibu hamil saat mengandung atau saat proses melahirkan. Dari hasil lembaga riset, menemukan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 500 ribu perempuan meninggal akibat penyakit komplikasi perinatal ini. Bentuk komplikasi ini meliputi pendarahan, infeksi, serta wanita yang melakukan aborsi.

Menurut lembaga survei menyatakan bahwa di Indonesia, korban meninggal akibat komplikasi perinatal mulai tinggi saat ini. Hal ini disebabkan karena pengetahuan mengenai kehamilan masih tergolong rendah dan juga praktik aborsi yang tinggi di kalangan remaja karena hamil di luar nikah.



5. Infeksi saluran nafas bawah akut (ISPA)


Menurut lembaga riset dari Amerika Serikat menyatakan bahwa infeksi saluran nafas bawah akut ini merupakan infeksi paling mematikan daripada infeksi yang lainnya. Dari hasil riset terungkat data yang sangat mencengangkan dimana dalam 5 dekade terakhir di Amerika Serikat kematian akibat infeksi ini mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Penyebab Ispa :

  • Padatnya hunian
  • Kebakaran hutan
  • Polusi udara

Penyakit-penyakit yang biasanya menjadi gejala dari penyakit ini adalah Pilek, Bersin, Sakit kepala, dan Tenggorokan. Infeksi ini mengganggu system pernafasan seseorang sehingga membuat aktivitas bernafas menjadi sulit, jika penangan terlambat bisa menyebabkan seseorang terhenti nafasnya yang artinya berujung pada kematian.

Pencegahan Ispa :

  • Gunakan ventilasi udara di rumah
  • Hindari daerah kebakaran
  • Hindari polusi udara



6. Diare


Untuk saat ini penyakit diare mungkin sudah dinilai penyakit ringan, bahkan untuk obatnya sendiri sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Namun di beberapa Negara berkembang dan tertinggal, kematian penduduk yang disebabkan karena diare terbilang masih cukup tinggi apalagi bagi usia balita, sekitar 2,6 juta orang tiap tahunnya di dunia meninggal akibat penyakit ini.

Penyebab diare :

  • Makanan dan lingkungan yang tidak sehat
  • Keracunan makanan
  • Alergi susu
  • Kurangnya sistem imun

Penyakit ini mengganggu sistem pencernaan penderitanya, atau bahkan melemahkan koondisi fisik penderitanya hingga terasa sangat lemah sekali. Makanan yang masuk pun justru seringkali menyebabkan rasa mual. Penyakit ini menyebabkan kelebihan vitamin C, lactose, alergi kuman fructose dan meyebabkan luka pada lambung.

Pencegahan untuk diare :

  • Asup makanan bergizi
  • Cek kebersihan lingkungan
  • Berikan makanan yang belum terkontaminasi bahan kimia



7. Tuberkulosis (TBC)


Tuberkulosis atau biasa disebut dengan istilah TBC, merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tibercullosis. Menurut lembaga WHO, sepertiga penduduk dunia terkena penyakit ini. Bahkan jumlah terbesarnya terjadi di kawasan ASEAN yang mencapai 33% dari total kasus di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya menyerang paru-paru, walaupun kadang juga menyerang organ tubuh yang lain. Penyebarannya cukup mudah yaitu kontak udara antar sipenderita dengan orang lain. Itulah yang menyebabkan penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya, dan jika tidak ditangani dengan cepat dapat merenggut nyawa sipenderita.


8. Malaria


Malaria di tularkan oleh nyamuk anopheles yang membawa sel parasit plasmodium lewat gigitannya. Setelah digigit oleh nyamuk tersebut, sel parasit tersebut akan berkembang biak dan merusak sel darah merah. Gejala awalnya akan membuat penderita mudah sakit seperti influenza dan demam tinggi namun jika terlambat ditangani akan menyebabkan kematian. Penyakit ini membunuh satu anak setiap 30 detiknya setiap tahunnya. Wabah Malaria kebanyakan terjadi di Afrika khususnya menyerang usia anak-anak.



9. Kanker


Kanker adalah salah satu penyebab kematian paling berbahaya di dunia. Penyakit kanker bisa meliputi setiap organ vital manusia, seperti kanker paru-paru,usus besar, perut, hati, payudara dll. Biasanya jenis kanker yang sering ditemukan pada penderita perempuan dan laki-laki cendrung berbeda-beda. Menurut survei, sekitar 30% dari kematian karena kanker disebabkan oleh kelebihan berat badan, kurang asupan buah-buahan dan sayur-sayuran, merokok, kurang olahraga, mengkonsumsi minumam beralkohol secara rutin.



10. Leukimia


Leukimia biasa disebut juga dengan penyakit kanker darah, yaitu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tidak perlu dalam pembentukan darah di sumsum tulang belakang dan jaringan limfoid. Leukimia biasanya terjadi pada sel darah putih, yang mengakibatkan sel darah putih menjadi lebih banyak dari sel darah lainnya yang justru akan mengganggu fungsi sel darah lainnya.

Leukimia sangat rentan bagi orang dewasa, hampir 90% dari penderita penyakit Leukimia merupakan orang dewasa, meskipun banyak juga terjadi kasus serupa untuk beberapa anak-anak kecil.



11. PPOK


Penyakit PPOK memiliki kepanjangan Penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya jadi susah bernafas. WHO pernah merilis dan menyatakan bahwa penyakit PPOK merupakan penyebab kematian kelima di dunia.

PPOK memiliki dua bentuk. pertama adalah batuk jangka panjang disertai pula dengan dahak. Yang kedua, emfisema, kerusakan paru-paru yang terjadi secara perlahan. Pada umumnya penderita PPOK mengalami kombinasi keduanya.



12. Tumor Otak


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa otak merupakan organ yang sangat penting. Otak yang menjadi pusat kendali seluruh organ kita. Tumor otak dapat merusak sel-sel otak kita. Tumor otak bisa menyerang segala usia, namun biasanya paling banyak menyerang usia dewasa.



13. Ebola


Penyakit ini disebebakan oleh virus Ebola dan penyakit ini pertama kali di temukan dan mewabah di benuah Afrika. Untuk tingkat kematiannnya mencapai 80 hingga 100%. Ebola hingga saat ini tergolong penyakit yang cukup mematikan di dunia.

Jika sudah terkena penyakit ini maka harapan untuk hidup 0%. Karena sampai saat ini vaksinnya belum juga ditemukan. Ketika terinfeksi virus ini, maka penderita bisa meninggal atau berselang 6 sampai 20 hari lagi.



14. Serangan Jantung


Serangan jantung atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Myocardial infraction. Dimana penyakit ini menyebabkan berhentinya aliran darah pada tubuh secara tiba-tiba. Meskipun proses terjadinya serangan ini hanya sesaat saja, serengan jantung dapat mengakibatkan sebagian dari sel pada jantung menjadi mati.

Dari tahun ke tahun jumlah penderita penyakit serangan jantung semakin lama semakin bertambah. Penyebab umum dari serangan  jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat, jarang olahraga dan kurang mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.



15. Flu babi


Sewaktu penyakit ini pertama kali mewabah sempat membuat seluruh dunia gempar karena penyakit ini tergolong menular. Flu babi dalam bahsa medis dikenal dengan nama Swine Influenza. Seperti namanya penyakit ini disebabkan oleh virus orthomyxoviridae yang berasal dari tubuh babi.

Penularannya bisa melalui saat menyentuh langsung babi atau antar manusia yang salah satunya telah terinfeksi. Gejalanya meliputi demam, sendi terasa kaku, mual-muntah, bahkan pingsan hingga berujung pada kematian.



16. Flu Burung


Hampir sama dengan flu babi, flu burung juga sempat membuat gemar sedunia karena penyebaran virus ini juga tergolong cepat dan memakan banyak korban dengan jumlah yang tidak sedikit. Flu burung juga sering disebut dengan nama Avian Influenze.

Flu burung disebabkan oleh virus yang dibawa oleh burung ( unggas) dan mamalia. Pada umumnya setelah terinfeksi, penderita akan mengalami demam yang cukup tinggi, penderita akan merasakan sakit di saluran pernafasan.



17. Kencing Manis


Kencing manis sering juga disebut dengan nama diabetes mellitus. Penyakit ini menyerang fungsi darah, kandungan gula yang terlalu banyak dalam darah bisa merusak organ-organ dalam tubuh. Penyebab penyakit ini bisa disebabkan oleh diabetes, defisiensi transporter glukosa, dan sekrese hormone insulin yang tidak normal.

Di tahun 2012 saja penyakit kencing manis sudah merenggut nyawa sebanyak 1,5 juta orang. Penyebab utama kencing manis adalah mengkonsumsi makanan dan minuman dengan pemanis secara rutin dan jarang berolahraga.



18. Kolera


Kolera merupakan penyakit menular yang terjadi pada saluran pencernaan, hampir mirip dengan penyakit diare. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio cholera. Penularannya bisa karena air minum atau dari makanan yang kita makan mengandung kotoran.

Menurut WHO, sudah lebih dari 5 juta orang terkena penyakit kolera di dunia dan lebih dari 100 ribu diantara meninggal setiap tahunnya. Kasus penyakit kolera juga sering di jumpai di negara-negara berkembang dan tertinggal karena kurangnya sadar terhadap kebersihan.



19. Batuk Rejan


Batuk Rejan juga dikenal sebagai penyakit Pertusis. Batuk rejan sama seperti batuk biasa pada umunya namun yang membedakan adalah batuk ini tidak kunjung sembuh-sembuh, meskipun dalam waktu yang cukup lama.

Di beberapa Negara-negara tertentu penyakit ini dikenal sebagai batuk 100 hari. Dilaporkan bahwa setiap tahunnya 48,5 juta jiwa mengidap penyakit ini, 295 ribu diantaranya menyebabkan kematian.



20. Meningitis


Orang awam biasanya menyebut penyakit ini dengan nama radang otak. Penyakit ini mengakibatkan peradangan pada selaput pelindung pada otak dan sumsum tulang belakang. Gejalanya adalah berupa sakit kepala dan leher terasa kaku, serta biasanya di barengi juga dengan demam yang cukup tinggi. Parahnya penyakit ini membuat kesadaran menurun dan sulit menerima rangsangan suara dan cahaya.



21. Anthrax



Penyakit Anthrax merupakan penyakit yang cukup mematikan dan penularannya pun cukup mudah yaitu melalui tanah dan udara. Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Kasus yang pernah terjadi di Indonesi sendiri, khususnya di kawasan bogor, penyakit ini di tularkan karena spora anthrax yang di bawa melalui banjir.


Jika bakteri anthrax ini sudah berada dalam tubuh selama 2 jam maka akan menyerang usus, paru-paru, atau bahkan otak. Jika terlambat di tangani maka penderita akan meninggal dalam waktu satu sampai dua hari kemudian.



22. Hepatitis


Penyakit ini menyerang organ hati atau liver. Hepatitis ada 3 macam, hepatitis A, B, dan C. ketiganya di sebabkan oleh serangan virus. Hepatitis A tergolong paling ringan, dan hepatitis B tergolong cukup berbahaya dan mudah menular.



23. Lupus


Penyakit Lupus ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga mengganggu kesehatan tubuh kita. Gejala biasanya adalah dada akan terasa sakit sehingga menyebabkan susah bernafas seperti sedang sesak. Memang penyakit ini menyerang kulit, namun perlahan penyakit ini juga menyerang organ tubuh yang lainnya juga pada tubuh manusia.



24.  Tetanus


Pernah mendengar orang terkena paku bekas dan meninggal ? nah salah satu penyebabnya adalah penyakit tetanus ini. Jika tidak segera di berikan antibiotik, maka dikhawatirkan dapat berdampak fatal yang berakibat pada kematian. Proses penyebaran penyakit ini dalam tubuh juga tergolong cepat, biasanya orang yang terkena tetanus akan mengalami mual dan badan panas.

Infeksi umumnya disebabkan oleh luka tusukan atau benda yang sudah karatan. Tetanus sangat berbahaya dan jangan dianggap sepele karena akan menyebabkan kontraksi di otot sehingga menyebabkan kematian



25.  Sipilis


Penyakit yang paling populer dari hasil hubungan bebas mungkin masih di pegang oleh HIV/AIDS, namun penyakit dari hasil hubungan bebas masih ada yang lain. Salah satu dari penyakit menular seksual ini ternyata sangat mematikan yang tidak kalah jauh dengan HIV/AIDS. Penyakit yang berhubungan dengan seksual itu adalah Sipilis

Pada umumnya Sipilis banyak menyerang kaum laki-laki dibandingkan wanita. Penyakit ini sangat berbahaya dan cenderung menimbulkan kematian. Penyakit ini menular dari hubungan seksual.



26. Cacar


Cacar sudah menjadi penyakit yang sangat menular dan menjadi perhatian dunia di abad ke 20 ini. Sejarah telah memperlihatkan bahwa cacar merupakan menyakit yang banyak menyebabkan kematian. Sudah hampir 500 juta orang meninggal karena penyakit ini.

Cacar menyebabkan system kekebalan tubuh kita melemah, yang jika tidak ditangani bisa menyebabkan kematian. Namun kini vaksin cacar sudah ditemukan. Oleh karenanya kini angka kematian yang di sebabkan oleh cacar sudah mulai berkurang.




SEKIAN DAN TERIMA AURA KASIH APA ADANYA



SEMOGA BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN SERTA PENGETAHUAN