Latest News

Dokter Ahli Syaraf : Setiap Orang Harus Memperhatikan 3 x ½ Menit

3 X 1/2 MENIT YANG BERHARGA DALAM HIDUP ANDA

Informasi ini repost dari yang sudah ada dan mungkin ada sebagian orang yang sudah mengetahi atau sudah pernah membaca artikel yang sama dengan ini di tempat lain. Tujuan saya menulis kembali tentang informasi ini hanya untuk saling berbagi saja.



























Informasi ini berisi tentang ujaran agar kita dapat mengetahui cara pencegahan " mati mendadak " kepada orang disikitar kita yang mungkin dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa kita ketahui penyebabnya.


Jadi, untuk mengetahui hal tersebut seorang Dokter Ahli Syaraf berpesan “Setiap orang harus memperhatikan 3 x ½ menit.” 


Kenapa demikian ? seorang awam yang sama seperti saya akan bertanya demikian. Menurut Dokter Ahli Syaraf tersebut 3 x ½ menit adalah sesuatu yg cuma-cuma, tetapi akan banyak mengurangi angka kematian secara tiba-tiba! Sering kali terjadi seseorang siangnya masih sehat walafiat, tetapi malamnya meninggal. Tidak jarang juga kita mendengar cerita orang, kemarin saya masih ngobrol dengan dia, tapi kenapa sekarang tiba-tiba dia meninggal ?


Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah ketika bangun malam untuk ke kamar mandi sering dilakukan secara terlalu cepat. Begitu berdiri, otak kekurangan darah. Hal tersebut disebabkan karena pola ECG (Electro Cardiogram).


ECG (Electro Cardiogram) adalah adalah suatu gambaran dari potensial listrik yang dihasilkan oleh aktifitas listrik otot jantung, rekaman ini dapat dilihat dengan alat yang disebut elektrokardiograf. Dengan meletakkan elektrode dipermukaan tubuh pada tempat yang sesuai, tegangan listrik yang dihasilkan dapat direkam.


Rekaman ECG digunakan oleh dokter ahli untuk menentukan kondisi jantung dari pasien. Fungsi dasar dari elektroda adalah mendeteksi sinyal kelistrikan jantung. Fungsi dari transducer adalah untuk mengkonversi informasi biologis menjadi sinyal elektrik yang dapat diukur. Transducer ini dipakai dengan menggunakan interface jelly electrode-electrolyte.





















Mengapa perlu “3x ½ Menit”? 


Karena pola ECG (Electro Cardiogram) seseorang normal pada siang hari, tetapi bangun tengah malam untuk melaksanakan hajat tiba-tiba gambar ECG itu dapat berbeda. Karena dengan tiba-tiba bangun, otak akan menjadi anaemic, dan mengalami gagal jantung karena kekurangan darah.




Untuk mencegah hal tersebut maka sangat dianjurkan oleh para ahli untuk menjalankan “3 kali ½ menit”, yakni:

1. Bila terbangun, jangan langsung turun dari tempat tidur, tetapi berbaringlah selama ½ mnt.

2. Duduk di tempat tidur dahulu selama ½ mnt.

3. Turunkan kaki dan duduk di tepi ranjang selama ½ menit.

Selewat 3 x ½ menit yg dilakukan tanpa harus membayar sesenpun, otak tidak akan anaemic dan jantung tidak akan mengalami kegagalan, mengurangi jatuh dan meninggal ketika bangun tengah malam.


”Share ke orang-orang yg kita kasihi untuk mencegah terjadinya stroke muda.”

Semoga bermanfaat

Artikel ini ditulis oleh: Dr. Narko, Spesialis Syaraf


via facebook.com